Monday, November 21, 2016

Pemimpin dan Pengambilan Keputusan

A. Pengertian dan Tugas Pemimpin

Pemimpin merupakan salah satu intisari manajemen, sumberdaya pokok, dan titik sentral dari setiap aktivitas
yang terjadi dalam suatu perusahaan. Bagaimana kreatifitas dan dinamikanya seorang pemimpin dalam menjalankan wewenang kepemimpinannya akan sangat menentukan apakah tujuan perusahaan dapat dicapai atau tidak.  Pemimpin yang dinamis dan kreatif maka organisasi yang dipimpinnya juga akan semakin dinamis dan aktivitas-aktivitas yang akan dilakukan  akan semakin banyak.

Jika seorang pemimpin kurang kreatif dan tidak dinamis mpinnyapun akan maka perusahaan yang dipimpinnya pun akan melemah.  Umumnya hal ini juga menentukan bagaimana perusahaan itu memimpin pekerja dan pekerjaannya.  Kegiataan dan dinamika yang terjadi dalam perusahaan sebagian besar ditentukan dengan cara pemimpin memimpin perusahaan.  Efektifitas para bawahan sebagian besar ditentukan oleh efektifitas kepemimpinan seorang pemimpin.

Pemimpin harus mengutamakan tugas, tanggung jawab, dan membina hubungan yang harmonis, baik dengan atasan maupun dengan bawahannya.  Jadi, pemimpin harus mengadakan komunikasi ke atas dan ke bawah, baik komunikasi formal maupun komunikasi informal.

Siapakah yang disebut pemimpin itu?
Istilah pemimpin adalah terjemahan dari leader/head/manager, yang juga disebut " manajer/kepala/ketua/direktur/presiden, dan lain sebagainya. Tegasnya setiap orang yang mempunyai bawahan.  Pemakaian istilah ini tergantung pada kebiasaan atau kesenangan setiap organisasi, jadi tidak perlu diperdebatkan.  Berikut adalah definisi - definisi pemimpin menurut ahli :
1. Robert Tanembaum
Pemimpin adalah mereka yang menggunakan wewenang fprmal untuk mengorganisasi, mengarahkan, dan mengontrol para bawahan yang bertanggung jawab, supaya semua bagian pekerjaan dikoordinasi demi mencapai tujuan perusahaan.
2. Prof. Maccoby
Seorang pemimpin pertama-tama harus yang mampu menumbuhkan dan mengembangkan segala yang terbaik dalam diri para bawahannya.  Menurut Prof. Maccoby, seorang pemimpin yang baik untuk masa kini adalah orang yang religius, dalam artian menerima kepercayaan etnis dan moral dari berbagai agama besar secara kumulatif, kendatipun ia sendiri menolak ketentuan gaib dan ide ketuhanan yang berlainan.
3. Lao Tzu
Pemimpin yang baik ialah seorang yabg membantu mengembangkan orang lain, sehingga akhirnya mereka tidak lagi memerlukan pemimpinnya itu.
4. Davis and Filley
Pemimpin adalah seorang yang menduduki suatu posisi manajemen atau seorang yang melakukan suatupekerjaan memimpin.
5. Menurut Pancasila
Seorag pemimpin harus bersikap sebagai pengasuh yang mendorong, menuntun, dan membimbing asuhannya. Dengan perkataan lain beberapa asas utama dari kepemimpinan pancasila adalah :

Ing ngarsa sung tuladha : Seorang pemimpijn harus mampu dengan sifat dan perbuatannya menjadikan dirinya pola anutan dan ikutan bagi orang-orang byang dipimpinnya.
 Ing madya mangun karsa : Seorang pemimpin harus mampu membangkitkan semangat swakarsa  dan berkreasi bagi orang-orang yang dibimbingnya.
Tut wuri handayani : Seorang pemimpin harus mampu mendorong orang-orang yang diasuhnya berani berjalan didepan dan sanggup bertanggung jawab.

 


No comments:

Post a Comment